Kamis, 05 Januari 2023

Kawal Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Ormas Keagamaan Di Brebes Ikut Andil.

 

Brebes - Ormas keagamaan di kabupaten Brebes mendukung kegiatan pengamanan menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Bahkan mereka akan ikut serta mengamankan jalannya perayaan suci setahun sekali itu.

Salah satunya adalah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Brebes Gus Sholah. Ormas agama Islam ini mendukung sepenuhnya pengamanan Natal dan tahun baru melekat dengan Kodim 0713 Brebes dan Polres Brebes, Dinkes, Dishub, Satpol PP, Pemuda Pancasila, dan instansi terkait lainnya.

"Kami melekat nanti. Tidak melakukan sweeping. Karena tidak ada pasal atau hadisnya untuk melakukan sweeping," ujar Ketua PCNU  Gus Sholat saat dikonfirmasi selesai Apel Gelar Operasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Mapolres Brebes. Kamis (22/12/2022).

Sebanyak 1.000  personel Banser bakal siap mengamankan perayaan Natal dan tahun baru. Banser tersebut bersifat on call, jika dibutuhkan oleh aparat pengamanan. "Kami tidak bergerak sendiri. Jika dibutuhkan, kami siap melakukan pengamanan bersama polisi dan TNI," ujarnya.

Saat ini, kata Gus Sholah, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menjaga keharmonisan antarumat beragama yang sudah terjalin dengan baik.

Sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku, agama, dan bahasa, sudah seyogianya menghargai perbedaan dan keyakinan masing-masing sehingga tercipta kehidupan sosial yang damai.

"Selama ini hubungan antarumat beragama di Brebes berjalan harmonis. Antarumat beragama saling menghormati dan menghargai atas keyakinan masing-masing. Hal tersebut tidak lepas dari komunikasi yang baik serta pemahaman masyarakat akan pluralisme dan keberagaman," tambah Gus Sholah.

Sementara Ketua Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Salem Karta Atmanagara mengungkapan bahwa pada momen perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) ini, Pemuda Pancasila Diseluruh Kecamatan Salem Brebes juga mengambil peran membantu aparat TNI dan kepolisian serta Satpol PP dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kewajiban kita adalah menciptakan kondisi aman, nyaman, dan damai. Untuk itulah kami membantu polisi dalam pengamanan Nataru. Jadi tidak boleh patroli sendiri. Melanggar kalau seperti itu," Tutur Karta.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, S.IK bersama Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuk, PJ. Bupati Brebes Urip Sihabudin, SH. MH beserta Forkompinda lainnya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada PCNU yang selalu bersama aparat kepolisian dalam menciptakan kamtibmas.

Selain dengan Ormas NU dan lainnya, pihaknya menggandeng sejumlah ormas, seperti Muhammadiyah, Pemuda Pancasila dan LDII, dalam pengamanan Nataru.

"Kami berharap, dengan sinergi TNI-Polres dengan sejumlah ormas dan elemen masyarakat, perayaan Nataru dapat berjalan dengan lancar tanpa ada satu pun kondisi yang mengganggu kamtibmas," tutupnya.(Pendim0713).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar