Kamis, 07 September 2023

Babinsa Aktif Dampingi Nakes Monitoring Anak Stunting di Desa Binaan

 


Brebes – Babinsa Kodim 0713 Brebes terus mendampingi tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan monitoring balita stunting di desa binaan masing-masing.

Seperti Sertu Sugiyanto, Babinsa Janegara Koramil 02 Jatibarang, tampak memotivasi bidan desa dan ibu balita di Posyandu Kartini 01 Desa Janegara RT. 03 RW. 01, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Kamis (7/9/2023).

Dikemukakan Sertu Sugiyanto selaku babinsa setempat, sebanyak 42 balita yang mendapatkan pelayanan dari bidan desa setempat Hj. Agustin Amd.Keb, yang meliputi pemberian Vitamin A, penyuntikan vaksin DPT dan IPV, pengecekan pertumbuhan balita (pengukuran lingkar kepala dan lingkar lengan, pengukuran tinggi badan, dan penimbangan berat badan), serta pemberian makanan tambahan.

“Selaku babinsa saya memotivasi para ibu untuk terus memberikan asupan makanan bergizi khususnya kepada balita stunting demi mengejar ketertinggalan pertumbuhan dengan balita seusianya,” ujarnya.

Ia berharap balita stunting bisa sejajar dengan anak-anak lainnya di umur 5 tahun ke atas.

Sugiyanto pun menambahkan, selaku babinsa pihaknya bersama PKK Janegara dan juga kader posyandu, membantu tugas Dinas Kesehatan dan DP3KB sebagai leading sektor/pemegang program penurunan stunting Kabupaten Brebes.

Menurutnya, edukasi dan motivasi yang berkesinambungan sangat penting untuk merubah persepsi masyarakat bahwa pertumbuhan anak dipengaruhi oleh faktor keturunan, padahal juga dipengaruhi oleh nutrisi, pola hidup, dan lingkungan.

“Semoga desa binaan saya kedepannya tidak ada balita stunting karena para calon orang tua (ibu hamil) rajin memeriksakan calon buah hati dan balita mereka di posyandu,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, pendampingan serupa kepada bidan desa juga dilakukan para babinsa lainnya di desa binaan masing-masing. Seperti Peltu Jenal Arifin di Posyandiu Triguna 2 Desa Dukuhmaja Kecamatan Songgom, dan Serda Muh Sultoni di Posyandu Melati Desa Petunjungan Kecamatan Bulakamba. (Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar