Jumat, 01 September 2023

Babinsa Koramil 11 Paguyangan Cek Irigasi Sawah.

 

Brebes – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11 Paguyangan Serda Yudi melaksanakan kegiatan pengecekan tanaman padi dan irigasi yang mengaliri air sepanjang lahan pertanian di Dukuh Cidewo, Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Jum'at (01/09/2023).

Kegiatan pengecekan irigasi ini merupakan bagian dari tugas pendampingan pertanian di desa binaan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa tercapai swasembada pangan.

“ini merupakan tanggung jawab kita semua agar petani tidak kekurangan air yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi dalam mencapai target swasembada pangan,” kata Serda Yudi.

Lebih lanjut Serda Yudi menyampaikan bahwa pengecekan secara rutin penting untuk dilakukan secara bersama-sama dan kemudian mengajak petani untuk membersihkan saluran irigasi yang telah banyak ditumbuhi rumput-rumput maupun sampah.

“Saluran yang dipenuhi rumput dan sampah akan kita bersihkan, jangan sampai mengganggu aliran air ke sawah dan petani pun dapat dengan mudah untuk mengairi persawahan yang sudah berumur 36 hari setelah masa tanam,” ungkapnya.

Terlihat Serda Yudi sedang mengecek dan membersihkan saluran irigasi yang dipenuhi rumput guna mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga. (Pen0713).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar