Rabu, 02 Agustus 2023

55 Calon Paskibraka Tingkat Kecamatan Tonjong Brebes Digembleng Latihan Fisik

 



Brebes – Sebanyak 55 calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat kecamatan Tonjong mulai digembleng aneka pelatihan. Seluruh calon pengibar Sang Merah Putih itu dilatih kekuatan fisik di lapangan Widodo, Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. Rabu (02/08/2023).

Puluhan calon paskibraka yang terdiri beberapa sekolah SMA, SMK, MA yang berada diwilayah Tonjong tersebut dilatih personel Koramil 09 dan Polsek Tonjong yang berjumlah 5 pelatih. Mereka digembleng latihan fisik dan mental agar memiliki kesiapan sebelum menjalankan tugasnya.

Koordinator pelatih paskibraka Kapten Infanteri Yatno Danramil 09 Tonjong melalui anggota pelatih paskibraka Sertu Kuswanto mengatakan, latihan fisik perlu dimaksimalkan karena selama beberapa tahun ini anggota paskibraka belum tersentuh dengan sistem latihan yang maksimal. ”Persiapannya kami berikan pelatihan ekstra, selain itu juga menanamkan rasa tanggung jawab kepada mereka,” katanya.

Sertu Kuswanto memastikan, selama anggota paskibraka mengikuti latihan tidak ada kendala yang berarti. Hanya ada beberapa anak yang perlu menyesuaikan kondisi tubuhnya saat berlatih. ”Cuaca di bulan Agustus sudah memasuki kemarau, jadi perlu penyesuaian terhadap suhu udara agar tidak mudah sakit,” jelasnya.

Secara keseluruhan, jelas Sertu Kuswanto, mental dan kedisiplinan anak sudah terbentuk. Mereka terus digembleng latihan fisik dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas mereka. ”Selama dua tahun pandemi Covid-19 melanda, anggota paskibraka tidak pernah melakukan latihan fisik. Perlu dilakukan latihan untuk mematangkan persiapan,” terangnya.

Para calon paskibraka tersebut, masih kata Sertu Kuswanto, akan dilatih baik fisik maupun mental selama 12 hari. Rencananya, peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 RI akan digelar di kantor Kantor Kecamatan Tonjong. ”Jumlah personel paskibraka 55 orang akan dibagi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing,” ungkapnya.

Sertu Kuswanto berharap seluruh calon paskibraka memiliki rasa tanggung jawab yang baik dan selalu menjaga kesehatan dan kekompakan. Sehingga, upacara kemerdekaan ke-78 RI mendatang berjalan dengan lancar. ”Semoga pelaksanaan upacara pada Rabu (17/8) mendatang bisa berjalan sukses dan tidak ada kendala apa pun,” pungkasnya. (Pen0713)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar