Senin, 08 Mei 2023

Angkat Kearifan Lokal Brebes, DPD Juleha Temui Empu Golok Asli Banjarharjo

 

Brebes - Syiar Islam dalam hal Halal terus dilakukan oleh DPD Juleha (Juru Sembelih Halal) Kabupaten Brebes.

Kali ini, Tim Juleha bersilaturahmi di salah satu Empu (Pandai Besi) Sukmana (60), 25 tahun menekuni sebagai Pande Besi melanjutkan keahlian dari orang tuanya  yang membuat para Juleha terperangah dan takjub melihat hasil tempaannya.

"Benar sekali bahwa DPD Juleha Brebes jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H terus melakukan terobosan dan inovasi dalam menuangkan ide-ide dari anggota Juleha yang sekarang mencapai 200 orang, Kami akan angkat Kearifan Lokal milik daerah sendiri dengan memesan Pisau atau Golsem (Golok Sembelih) untuk kebutuhan jelang Idul Adha nanti" kata Sekretaris DPD Juleha Brebes Pelda Ujang TSM didampingi Peltu Sugiharto dan Kang Tarjono Sang Kaisar serta anggota Tim Penerangan Kodim 0713 Brebes Kopda Teguh Stiyono saat berkunjung di Blok Brunei RT 01 RW 01 Desa Banjarharjo, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Senin (8/5/2023).

Ditambahkannya bahwa kebutuhan pemesanan pisau maupun Golsem, Seset/Fileter, Cacah Tulang dan Bucer sangat banyak diminati para Juleha saat ini, disamping ketajamannya juga keunikan dan kerapihan serta memiliki ciri khas Brebes itulah yang akan diangkat para Juleha guna meningkatkan ekonomi terutama bagi para pengrajin Golsem". Imbuhnya.

Sementara Ustadz Arief Suratman yang juga anggota Juleha DPD Brebes ini mengungkapkan rasa bangganya kepada Pengurus Juleha Brebes yang berkenan hadir ke Banjarharjo tepatnya di Empu Mana Banjarharjo, dimana perjalanannya membutuhkan 1 jam lebih sampai ditempat Empu.

"Alhamdulillah saya dan Juleha di Banjarharjo sangat senang dengan kedatangan tamu istimewa DPD Juleha hari ini, Apalagi berkunjung disalah satu Empu Pembuat Golsem Asli Banjarharjo, ini menambah semangat bagi para UMKM terutama yang bergerak di bidang pembuatan Bilah Pisau untuk dikenalkan keseluruh anggota Juleha baik di Brebes dan Juleha Nusantara". Tutur Ustadz Arif yang juga seorang Juru Sembelih Halal.

DPD Juleha Brebes yang rencana akan mengadakan Serkom dibulan Juni mendatang dan Apel Juleha serta Bazar Pisau Sembelih guna persiapan penyembelihan di moment Qurban Idul Adha 2023. (Pen0713).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar