Sabtu, 16 Desember 2023

7 Penyandang Disabilitas, Kini Sudah Berjalan Dengan Kaki Palsu di Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78

 

Brebes - Senyum lebar dari bibir Melina (31), warga Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari,Kabupaten Brebes terlihat, bahkan dengan mata berkaca-kaca saat dirinya bagai bangun dari mimpi karena dapat berjalan kembali dengan menggunakan kaki palsu.

Bahkan saat itu, melalui bibirnya  dirinya sempat berucap  sambil tersenyum “terima kasih TNI”, dikala kaki palsu sudah ada di hadapannya dan siap untuk digunakan untuk berjalan.

Melina, merupakan seorang penyandang disabilitas (keterbatasan fisik), sebelumnya dirinya tidak pernah membayangkan akan dapat kembali berjalan normal dengan tidak mengunakan tongkat yang biasa dipakai dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Namun, atas bantuan Korem 071 Wijayakusuma, Kodim 0713 Brebes dan Koramil 03 Wanasari bekerjsama dengan Yayasan Kick Andy Foundation diberikan bantuan kaki palsu gratis ke para penyandang cacat yang kehilangan kaki, itu dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika atau hari jadi TNI AD ke-78 Tahun 2023, yang diserah di Aula Makodim, Jalan Jenderal Soedirman 107 Brebes. Jum’at (15/12/2023).

"Saya sangat berterimakasih banyak ke bapak TNI yang sudah membantu saya, sehingga saat ini saya sudah berjalan seperti orang normal lainnya,” kata Melina, dengan mata berkaca-kaca karena haru bercampur senang.

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mencoba memsangkan kaki palsu kepada 7 penyandang disabilitas Kastari, Canadi, Caming Wijaya, Helina, Suheri, Salmah, dan Untung Riyadi.

Bahkan usai dipasangkan kaki palsu tersebut, mereka sangat senang. Malahan, saat  mereka akan menerima kaki palsu, sampai-sampai dirinya langsung mencoba belajar berjalan di aula Makodim.

“Dengan kaki palsu ini sangat berarti dan berguna bagi saya. Rasanya bahagia sekali dapat kaki palsu, kareba sejak dari lahir saya mengalami tidak bisa berjalan , namun kini atas bantuan TNI saya suah bisa berjalan tanpa mengunakan  tongkat lagi," kata Helina dengan nada haru.

Puncak peringatan Hari Juang Kartika di Mabesad Jakarta dengan mengikuti Vicon bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Dihari puncak Hari Juang Kartika, sebelum juga sudah digelar berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, karya bakti, pembinaan dan lain-lain diseluruh wilayah. Termasuk memperbaiki fasilitas umum, rumah untuk rakyat, donor darah, karya bakti, pengobatan, pemberian santunan hingga kaki palsu dan sebagainya. (Pen0713)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar